PERBEDAAN SOFTWARE DAN APLIKASI

PERBEDAAN SOFTWARE DAN APLIKASI BESERTA CONTOHNYA

Kita sering menyebut Software dan Aplikasi adalah suatu program yang sama.!Ya.. itu benar. 
Software dan Aplikasi sama-sama PERANGKAT LUNAK pada Komputer. tetapi...., Software dan Aplikasi pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda. 

di Artikel ini, Admin akan membahas tentang Perbedaan Software dan Aplikasi dari sisi definisi hingga fungsinya dan beserta contoh-contohnya.

1. Definisi Software dan Aplikasi

Software (Perangkat Lunak) merupakan sekumpulan Perangkat Lunak yang berisi instruksi khusus yang dibuat untuk komputer (bukan untuk User/Pengguna/Brainware), agar Komputer tersebut dapat  digunakan dan dapat menjalankan Aplikasi yang di jalankan oleh User/Pengguna/Brainware.  sedangkan......

Aplikasi (Perangkat Lunak) merupakan Perangkat Lunak Komputer yang dibuat khusus untuk membantu User/Pengguna/Brainware untuk melakukan berbagai tugas pada sebuah komputer.


2. Fungsi dan Contoh Software dan Aplikasi

Fungsi Software :
  • Agar komputer kamu dapat dijalankan atau digunakan.
    • Contohnya : komputer kamu Sistim Operasinya apa ...? Windows 7, atau Windows 8, atau Windows 10, atau Linux, atau Windonws XP, atau yang lainnya.  nah... jadi... sebelum komputer itu dapat digunakan, harus ada Software yang berupa Sistem Operasi yang harus terinstal terlebih dahulu di komputer tersebut. Software Sistem Operasi itu dapat berupa Software Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows XP, ataupun Linux.
  • Menjadi pelengkap aplikasi, - agar aplikasi dapat dijalankan di komputer
    • Contohnya : kamu menginstal Aplikasi Game di komputer kamu (terserah game apa). dan setelah game tersebut kamu instal, eh... gamenya malah tidak bisa dijalankan di komputer kamu, ada pesan "Error" seperti "Missing d3dx9.dll" atu yang lainnya . kenapa game tersebut tidak dapat dijalankan..? game tersebut tidak dapat dijalankan di komputer kamu, dikarenakan ada salah satu software yang belum terinstal di komputer kamu. sesuai dengan pesan "Error" yang muncul, seperti munculnya pesan "Missing d3dx9.dll" berarti ada software yang bernama d3dx9.dll, tidak terinstal di komputer kamu, jadi.. agar aplikasi game yang kamu instal tadi dapat dijalankan di komputer kamu, kamu memerlukan Software Pelengkap yang bisa menjalankan Aplikasi yang kamu instal di komputer kamu. (BACA SOFTWARE PELENGKAP DIKOMPUTER)
  • Menjadi Penghubung antara Hardware yang satu dengan Hardware lainnya, agar Hardware tersebut dapat berfungsi di komputer.
    • Contohnya : ada satu unit komputer yang belum terpasang VGA Eksternal. jika komputer tersebut akan di pasang VGA Eksternal, maka komputernya perlu menginstal software VGA nya. agar VGA nya dapat berfungsi di Komputer itu.

Fungsi Aplikasi :
Setiap Aplikasi, memiliki Fungsi yang berbeda beda.

Contoh Aplikasi  : 
  1. Adobe PDF - Aplikasi yang fungsinya untuk membaca dokumen yang berformat .PDF.
  2. Microsoftword - Aplikasi yang berfungsi untuk mengolah kata seperti mmbuat dokumen, mengedit dokumen ataupun membaca dokumen yang berformat .Doc
  3. Google Crhome - Aplikasi yang berfungsi untuk menjelajahi dunia maya atau internet
  4. Adobe Photoshop - Aplikasi yang berfungsi untuk mengedit foto. 
Jadi, Kesimpulannya. Software dan Aplikasi sama-sama Perangkat Lunak yang ada di Komputer, dan bedanya, Software adalah Perangkat Lunak Utama yang harus ada pada komputer. dan..
Aplikasi adalah Perangkat Lunak Ketiga yang ada pada komputer,

Tanpa adanya Software, Aplikasi tidak akan dapat dijalankan di Komputer, sebaliknya,,, Tanpa adanya Aplikasi, Software akan tetap berfungsi di Komputer.

itulah perbedaan Software dan Aplikasi. Jika ada perntanyaan yang berhubungan denan Komputer, silakan ditanyakan, dan jika ada saran, ayo... Utarakan sarannya, Insyaallah sara yang kamu berikan bermanfaat untuk kita semua.

Chat Kami :

Chat WhatsApp

Bagian Ke...

Komentar (0)

Posting Komentar

for live chat online website-->